Crane merupakan salah satu jenis alat berat memiliki fungsi sebuah alat pengangkut yang digunakan dalam proses konstruksi pada pembangunan skala besar, mampu mengangkut material secara vertikal maupun horizontal, maka dijadikan alat utama pembangunan gedung bertingkat (high rise building). Untuk dapat melaksanakan fungsinya, alat berat crane terdiri dari beberapa komponen crane terdiri dari lengan, counter weight, cab dan lain sebagainya. 

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat artikel dibawah ini :

Komponen Crane

Crane sebagai salah satu alat berat mempunyai beberapa komponen, yaitu antara lain: 

Jib atau lengan crane (working arm) 

Jib atau lengan crane merupakan salah satu komponen yang memiliki kemampuan berputar sebesar 360 derajat dengan fungsi sebagai tempat kabel sling untuk mengangkat beban atau material.  

Lengan crane atau working arm tersusun dari elemen besi menjadi satu bagian rangka batang, dimana panjangnya disesuaikan dengan kemampuan maksimum pengangkatan beban. 

Pemasangan jib harus sesuai dengan keperluan dan persyaratan, baik panjang standart maupun maksimum, mempengaruhi beban yang diangkat. Sehingga setiap panjang jib terdapat daya angkat beban berbeda-beda. 

Counter weight 

Dipergunakan untuk keseimbangan dari working arm, dimana bagian ujung satunya ditambahkan counter weight, terbuat dari beton dengan beban yang sesuai kebutuhan dari crane. Semakin besar beban crane maka semakin besar pula beban counter weight. 

Hoist 

Komponen Crane

Hoist atau pengangkat merupakan salah satu komponen crane yang berfungsi membawa beban atau material secara vertikal. 

Trolley 

Kebalikan dari hoist, trolley berfungsi membawa beban atau material secara horisontal. 

Sling 

Merupakan kebel baja yang dipergunakan sebagai pengait antara crane dengan beban atau material, dimana panjang sling disesuaikan dengan kebutuhan dari alat berat crane. 

Operator’s cab 

Merupakan salah satu bagian crane yang berguna sebagai tempat mengoperasikan crane, terdapat berbagai tuas dan panel pengendali crane. 

Mast 

Memiliki fungsi mengatur ketinggian dari lengan atau working arm dengan dibantu tenaga hidrolik akan menggerakan moist ke arah vertikal. 

Base section 

Terdapat pada bagian paling bawah tertanam dan terbuat dari beton yang sangat berat guna menahan beban dari material maupun crane. 

Baca Juga Fitur Dan Keunggulan Sany STC500 Truck Crane

Slewing unit 

Merupakan salah satu komponen crane yang berfungsi untuk memutar working arm 360 derajat. 

Climbing frame 

Berfungsi sebagai akses masuk operator ke dalam operator’s cab. 

Tower top 

Merupakan bagian dari crane yang paling tinggi atau puncak. 

Collar frame 

Merupakan salah satu bagian dari crane yang berfungsi sebagai pengaman apabila telah melebihi batas free standing.

Dalam pemasangannya harus diperhatikan kekuatannya agar rekonstruksi berjalan stabil dalam menerima tekanan dan beban. 

Comments are disabled.