Mengenal Tujuan dan Tipe Horizontal Directional Drilling – Tujuan pemasangan jaringan utilitas baru dengan menggunakan metode HDD ialah peningkatkan tingkat produktivitas dan efektivitas pengeboran pada sumur minyak maupun gas dari bumi. Selain itu, pengurangan kelajuan kerucut air serta gas. Pasir yang dihasilkan dapat dihambat atau dikurangi jumlahnya. Menembus bentukan rekah secara vertikal sekaligus pemasangan pipa di bawah jalur sungai.

Jenis HDD saat dilakukan di lapangan terdapat dua yaitu pengeboran yang dilakukan secara terarah yaitu, dominansi menuju tegak lurus/ VDD dan dominansi ke arah mendatar. Namun, untuk ke arah mendatar atau HDD memiliki 3 jenis perlintasan yaitu, radius pendek, radius menengah dan radius panjang. Berikut penjelasannya:

Tipe Horizontal Directional Drilling Berdasarkan Radius

Radius Pendek

Pengeborang yang dilakukan dalam pemasangan jaringan baru memiliki tingkat kemiringan sekitar 1.5 derajat hingga 3 derajat di setiap 100 feet dengan nominal panjang perlintasan mencapai 900 feet. Namun. Penggunaan tipe ini lebih banyak mengalami kegagalan karena lengkungannya relatif kecil sehingga sangat jarang dimanfaatkan. Penggunaan alat secara manual tidak dapat dipakai dibandingkan tipe lainnya.

Radius Menengah

Penggunaan dari jenis biasa digunakan dalam pemasangan jaringan di daratan. Tipe ini memiliki kelengkungan tidak nyata sekitar 300 hingga 800 feet. Sedangkan sudut kemiringannya sekitar 8 hingga 20 derajat di setiap 100 feet. Panjang lintasan mendatarnya mencapai 1500 hingga 3000 feet dengan penetrasi masimalnya mencapau 4000 feet.  Penggunaan tipe radisu ini biasa diperuntukkan pada formasi bertekanan tinggi dan kondisi tanah penuh karang. Biasanya dimanfaatkan pada lubang dengan capaian bukaan dengan diameter 7 inci hingga 9 inci.

Baca juga :

Radius Panjang

Radius ini memiliki panjang lintasan lengkung tidak nyata mencapai 100 hingga 3000 kaki. Sudut kemiringan mencapai 2 hingga 6 derajat tiap 100 kaki. Panjang lintasan secara mendatar mencapau 2000-5000 kaki.

Sedangkan penetrasi maksimalnya mencapau 5700 kaki. Tipe pengeborang yang dilakukan dikenal sebagai pengeboran secara mendatar manual dan biasa dilakukan pada wilayah lepas lantai.

Selain itu, daratan yang memerlukan displacemen mendatar panjang juga memanfaatkan jenis radius ini. peralatannya sudah dipakai secara umum. Meskipun demikian pengeboran yang dilakukan besar dapat memicu serangkaian pengeboran berat yang dapat menimbulkan gesekan pada dinding lintasan.

Dari artikel diatas kalian sudah Mengenal Tujuan dan Tipe Horizontal Directional Drilling kan? Untuk menyewa HDD kalian bisa menghubungi kami melalui hotline marketing kami.

Comments are disabled.