Berikut adalah Jenis-jenis Forklift dan fungsinya yang sering digunakan, Forklift adalah alat bantu untuk mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, namun forklift biasanya hanya digunakan untuk jarak pendek seperti di dalam ruangan atau di dalam area pabrik saja. Jenis forklift dan fungsinya tentu berbeda satu dengan yang lainnya. untuk lebih jelas , yuk kita simak artikel dibawah.

Jenis-jenis Forklift dan fungsinya

Forklift Diesel

Forklift diesel paling terkenal dan paling banyak digunakan karena perawatannya yang mudah. Kemampuan forklif diesel adalah mengangkat beban maksimal 10 ton dan mampu mengangkat (lifting) hingga ketinggian 6 meter. Forklift jenis ini jarang digunakan di dalam ruangan karena berbahan bakar solar yang mengeluarkan emisi gas berbahaya. Jika emisi atau buangan tersebut terhirup terlalu banyak, dapat menyebabkan sesak napas dan membahayakan kesehatan.

Forklift Gasoline (LPG)

Forklift gasoline termasuk yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar berupa gas. Selain ramah lingkungan, harga sewanya juga masih sangat terjangkau. Kemampuan lifting forklift gasoline hanya 2 meter dengan kapasitas 2 ton sebab ukuran forklift jenis ini terbilang kecil. Forklift gasoline banyak digunakan di dalam ruangan karena ukurannya yang kecil dan bahan bakar yang ramah lingkungan. Namun, karena bahan bakar yang digunakan berupa gas, banyak penyewa yang mempertimbangkan memilih forklift jenis ini terkait pengisian bahan bakarnya. Sebab, ketika bahan bakar habis di tengah jalan, akan sulit mencari lokasi untuk mengisi ulang.

Forklift Elektrik

Forklift elektrik banyak digunakan di dalam ruangan sebab tenaganya menggunakan baterai dan dapat diisi ulang tenaga listrik. Maka, forklift jenis ini termasuk forklift yang ramah lingkungan. Kemampuan lifting jenis ini mampu mengangkat hingga ketinggian 6 meter dengan kapasitas maksimal 5 ton. Sayangnya, forklift elektrik ini tidak dapat dioperasikan terus menerus, mengingat kapasitas baterainya yang hanya mampu bertahan kurang dari 8 jam.

Forklift Reach Truck

Forklift jenis ini mirip dengan forklift elektrik karena sama-sama menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sebagai sumber tenaganya. Lifting dan kapasitasnya pun tidak jauh beda. Yang membedakan hanya forklift reach truck ini dilengkapi dengan pallet sehingga memudahkan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Forklift reach truck ini banyak direkomendasikan oleh jasa penyewaan. Alasannya jelas, karena ukuran, tenaga yang digunakan dan juga kapasitanya.

Penggunaan forklift sangat membantu aktivitas di dalam pabrik. Baik untuk mengangkat barang di dalam maupun di luar ruangan. Pastikan anda menggunakan jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak cepat merusak forklift tersebut. Perawatan forklift terbilang cukup mudah dan murah, maka menggunakan sesuai porsinya membantu membuatnya menjadi lebih awet.

Ayo tentukan jenis forklift yang sesuai dengan kebutuhan anda ,Sarana cipta unggul menawarkan layanan sewa forklift yang tentunya akan lebih menekan biaya daripada Anda harus membeli forklift lho.

baca juga : Sewa forklift Jabodetabek

Comments are disabled.