Sarana Cipta Unggul | Sewa Forklift | Sewa Crane | Sewa Mobile Crane

Sejarah crane (crawler) bermula saat Ditemukannya sekitar tahun 1920an di Amerika. Saat itu perusahaan Northwest Engineering membuat crawler crane pertama. Namun, saat itu bentuknya masih sangat sederhana.

Mesin derek tersebut hanya seperti sebuah katrol yang dipasangkan di atas rel. Selanjutnya, Crawler crane yang lebih modern dibuat oleh orang Chicago, amerika yakni Ray dan Charles Moore. Mesin tersebut bertenaga uap dan berbobot 15 ton. Veris ini mulai dikembangkan dan dipasarkan secara luas di tahun 1925.

Perkembangan Sejarah Crane

Dari penemuan inilah, banyak perusahaan alat konstruksi mulai mengembangkan crawler crane yang lebih canggih. Salah satu yang terkenal adalah crawler crane dengan tiang hidrolik pertama buatan Hymac, perusahaan asal Inggris di tahun 1966. Crane mampu angkat material ribuan ton Mesin derek yang terkenal akibat roda ‘ulatnya‘ ini biasanya memiliki tinggi total mulai dari 50an meter sampai 120 meter lebih dengan bobot puluhan hingga ratusan ton.

Dengan ukuran raksasa, crawler crane bisa mengangkat benda seberat 40-3.500 ton. Tak aneh bila majalah Cranes & Access di tahun 2006 menyatakan bila crawler crane adalah alat berat terbaik untuk membangun baling-baling raksasa untuk PLTA (pembangkit listrik tenaga angin) yang ketinggianya bisa mencapai 100 meter.

Salah satu keuntungan dari crawler crane adalah mobilitas plus-nya di area konstruksi. Mesin ini bisa berjalan meskipun sedang membawa muatan berat. Penggunaan di lokasi dengan tanah tidak stabil pun memiliki resiko yang lebih rendah. Menggunakan roda mirip milik tank, crawler crane tidak mudah terjebak di pasir atau tanah yang becek.

Walaupun banyak keuntungannya, tapi crawler crane memiliki bobot sangat berat. Alat berat ini sangat susah dipindahkan dari satu lokasi konstruksi ke lokasi lain. Bahkan untuk memindahkannya, alat ini harus dibongkar dulu sebelum akhirnya di letakkan di atas truk besar untuk dipindahkan.

CRANE (derek) adalah salah satu jenis material handling, yang menggunakan hoist (chain hoist atau wire rope hoist) & struktur baja yang telah dipabrikasi, dimana kegunaan utama dari sistem ini adalah menaikkan menurunkan beban secara vertikal dan horizontal. Karena manfaatnya tersebut, maka crane telah menjadi bagian penting dalam operasional pabrik, gudang, workshop. Selain itu, sistem ini juga dapat diinstal di dalam ruangan dan luar ruangan.

baca juga Sejarah Perkembangan Forklift

sumber : scuindonesia

Jika ingin Sewa Crane , bisa langsung Hubungi kami.

Comments are disabled.