Sarana Cipta Unggul | Sewa Forklift | Sewa Crane | Sewa Mobile Crane

Truk fork, yang kemudian berevolusi menjadi forklift, telah digunakan selama lebih dari 80 tahun. Tidak ada yang tahu pasti siapa yang pertama kali menemukan truk fork ini, tetapi Perusahaan Clark biasanya dikenal dengan penemuan pada tahun 1917. Perangkat prototipe bertenaga bensin ini dengan cepat terkenal, dan hari ini, ada lebih dari satu juta forklift yang digunakan di gudang seluruh dunia. Tapi forklift jaman dulu ini sangat berbeda dari yang digunakan oleh para operator gudang saat ini. Banyak bagian forklift asli telah ditingkatkan atau dihilangkan karena teknologi telah maju melalui sejarah perkembangan forklift.

Sejarah Perkembangan Forklift Tertua

Jenis truk fork yang paling awal adalah truk tangan. Dia menggunakan dua roda dan sangat mirip dengan mainan saat ini. Perangkat ini menggunakan roda besi cor dan gandar besi tempa. Keuntungan utama alat ini adalah bahwa alat ini membiarkan beban berat dipindahkan tanpa harus menunggu. Fungsinya hanya mengambil dan menempatkan di gerobak beroda empat.

Para pekerja tidak lagi berisiko melukai punggung mereka dengan mengangkat benda-benda semacam ini. Sedikit lebih meringankan beban mereka.Pada tahun 1887, salah satu jenis truk fork yang paling awal dibangun. Itu bisa mengangkat platform yang dimuat beberapa inci dari tanah, tetapi sangat lemah dan tidak dapat digunakan secara luas. Tahun 1909, Versi baja dari truk angkat jenis ini muncul. Versi Ini tersedia secara komersial. 

Namun, itu bukan truk angkat yang tepat.Pada tahun 1917 Clark memperkenalkan apa yang mereka sebut Tructractor, tipe pertama dari kendaraan Conterbalance pertama untuk digunakan di gudang dan pabrik. Clark awalnya tidak memiliki rencana untuk memproduksi kendaraan ini untuk digunakan orang lain — mereka hanya melihat kebutuhan akan Traktor di pabrik mereka. Namun, ketika pengunjung ke pabrik melihatnya, mereka meminta untuk membeli kendaraan tersebut, dan Clark mulai memproduksi massal unit tersebut. Saat itu adalah desain awal dari forklift, dan tidak ada pengaruh teknologi didalamnya.

Upgrade Forklift menjadi Lebih Kuat

Truk-truk garpu dengan cepat mulai berubah dan menjadi lebih kuat. Pada tahun 1920, komponen forklift hidrolik ditambahkan ke dalam kendaraan untuk memudahkan mengangkat beban. Elektronik secara perlahan dimasukkan ke dalam Forklift, terutama yang menggunakan crane kecil untuk mengangkat beban ke tempat bak truk. Forklift awal juga cukup lambat, tetapi seiring waktu mesin yang lebih bertenaga ditambahkan untuk memberi mereka sedikit lebih banyak kecepatan dan daya angkut.

Penambahan Kantilever atau Pengangkat Vertikal

Kantilever pengangkat vertikal atau tiang pertama diperkenalkan pada tahun 1923. Insinyur di Yale University menciptakan sebuah truk listrik yang dapat mengangkat garpu dan muatannya melalui tiang. penggunaan sistem ratchet dan pinion untuk melakukan hal tersebut. Penambahan ini sering dianggap sebagai forklift sejati yang pertama, dan merevolusi cara menyimpan barang-barang di gudang. Namun, masih ada satu masalah besar yang mencegah forklift Yale menjadi sangat populer: beberapa palet terlalu besar atau terlalu kecil untuk diambil.Masalah itu terpecahkan pada akhir 1930-an, ketika adanya standar ukuran palet. Hal ini menyebabkan adanya standarisasi ukuran, panjang, dan jarak di garpu forklift. Sekarang forklift menjadi mainstream. Perang Dunia II melihat kendaraan ini menjadi semakin diminati karena militer, forklift dibutuhkan karena mampu memindahkan sejumlah besar barang ke kapal dan pesawat kargo dengan cara cepat dan efisien. Forklift adalah jawabannya.

Baca Juga tips rental forklift yang aman

Comments are disabled.