Sarana Cipta Unggul | Sewa Forklift | Sewa Crane | Sewa Mobile Crane

Dibandingkan dengan forklift berbahan bakar yang lain, forklift diesel memang yang paling banyak digunakan. selain karena harganya yang lebih murah, juga perawatannya yang terbilang mudah. Nah, jika Anda berniat untuk sewa forkliftjenis ini. Kami, PT Sarana Cipta Unggul menyediakan jasa rental untuk berbagai tipe forklift. Termasuk untuk forklift dengan jenis diesel ini.

Pengertian Serta Komponen Pada Forklift Diesel

Yang dimaksud dengan forklift diesel, tentu saja salah satu jenis forklift  yang pengoperasiannya menggunakan  tenaga diesel. Yang artinya, bahan bakar yang digunakan adalah bahan bakar jenis solar. Hamper semua rental forklift menyediakan forklift jenis ini, mengingat bahan bakar solar ini, yang mudah didapatkan.

Ada beberapa komponen yang ada di forklift diesel, diantaranya :

1.Mesin ( Engine )

Salah satu komponen yang utama pada forklift jenis ini yaitu mesin ( engine ). Komponen mesin berfungsi sebagai penggerak utama pada transmisi. Bukan itu saja, fungsi dari mesin ini yaitu sebagai penggerak pada sistem brake, steering, sistem hidrolik, dan juga yang lainnya.

2. Fork

Fungsi dari fork ini yaitu sebagai penopang barang. Fork/garpu pada forklift bisanya berupa 2 batang besi, yang berbentuk siku. Dimana panjang siku tersebut memiliki panjang sekitar 1070 mm, untuk kapasitas sekitar 3 ton.

3. Mast

Mast pada forklift sangat berhubungan erat dengan sistem hidrolik. Yang memang merupakan bagian utama dalam sistem angkat barang, pada forklift ini. Panjang jangkauan dari mast ini bisa mencapai 3 meter, 4 meter hingga 6 meter.

4. Counterbalance forklift

Pada umumnya, forklift memiliki counterbalance. Termasuk pada forklift diesel ini. Dimana fungsi utama padacounterbalance ini yaitu sebagai penyeimbang beban. Dimana dengan adanya counterbalance ini, forklift tidak akan stabil. Letak counterbalance ini, berada di bagian body pada forklift. 

5. Kabin/Overhead

Fungsi utama dari kabin/overhead ini yaitu sebagai pelindung bagi operator. Sehingga terhindar dari kecelakaan kerja. Selain itu, fungsi lainnya dari overhead ini yaitu untuk melindungi operator dari panas matahari maupun dari hujan. Pada umumnya, overhead ini terbuat dari besi yang kokoh. Sehingga  tahan benturan, bilamana barang yang diangkat forkliftjatuh menimpa kabin/overhead tersebut.

6. Ban (Wheel)

Ada 2 macam ban yang ada pada forklift dengan jenis diesel ini. Yaitu ban solid dan juga ban angin ( pneumatic ). Khusus untuk ban solid ini, hanya digunakan pada medan yang kasar dan terjal saja. Pada forklift sendiri, terdapat 4 buah ban. Dimana 2 ban berada di depan, dan sisanya berada di belakang body forklift. Dengan ketentuan, ban depan harus lebih besar daripada ban belakang. Dikarenakan, ban depan dijadikan sebagai tumpuan.

Demikian penjelasan singkat mengenai forklift diesel ini. Jika Anda membutuhkan forklift jenis ini, untuk memudahkan pekerjaan Anda. Sementara untuk membelinya, memerlukan biaya yang mahal. Serta penggunaannya yang hanya sebentar. Maka, salah satu solusinya tentu saja dengan sewa forklift. Tentunya hanya dari jasa rental terpercaya. Yaitu PT. SARANA CIPTA UNGGUL, sebagai satu-satunya rental forklift yang bisa diandalkan. Dapatkan informasi lengkap layanan kami dengan cara klik di sini!

Baca Juga : Keunggulan Dan Kekurangan Forklift Elektrik

Comments are disabled.