Kenalilah fungsi tiang pancang yang bisa membuat rumah menjadi kokoh, Begini penjelasannya. Tidak ada rumah yang dibangun dengan rancangan dan material yang sama. Rumah pasti memiliki perbedaannya masing-masing dan membuatnya menjadi sangat unik. Setiap perbedaan tersebut tentunya akan membuat spesifikasi rumah yang Anda tempati menjadi perlu Anda perhatikan dengan baik. Salah satu yang bisa mempengaruhi kualitas dari rumah yang Anda tinggali adalah pondasi rumah.

Pondasi merupakan salah satu bagian yang paling krusial dalam pembangunan rumah. Sebuah rumah yang dibangun tanpa memikirkan kemampuan dan spesifikasi pondasi bisa memberikan efek yang berbahaya dalam jangka waktu Panjang

  1. Penjelasan Pondasi Tiang Pancang

Sebuah pondasi merupakan salah satu aspek yang paling penting dan harus ada pada setiap rumah. Rumah yang dipaksakan dibangun tanpa menggunakan pondasi tidak akan bertahan lama dan sangat berbahaya untuk ditempati. Setiap bangunan mempunyai rancangan dan spesifikasi pondasinya yang berbeda-beda menyesuaikan dengan ukuran dari bangunan tersebut.

Dilansir dari Wikiversity, pondasi tiang pancang adalah sebuah bagian struktural dari sebuah bangunan yang membagi tekanan gravitasi secara merata pada tanah dan berfungsi agar bangunan yang dibangun bisa menjadi kuat dan berdiri dengan kokoh. Pondasi tiang pancang mempunyai bentuk seperti sebuah kolom-kolom yang terbuat dari semen ataupun baja kokoh yang akan memperkuat struktur bangunan.

Pondasi tiang pancang pada bangunan sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Bangunan yang berat dan memiliki tingkat yang tinggi diharuskan untuk memiliki pondasi yang sangat dalam agar kekuatan struktural dari bangunan menjadi kuat dan tahan terhadap guncangan yang besar sekalipun.

Pondasi tiang pancang umumnya digunakan apabila struktur tanah yang akan dibangun mempunyai kemungkinan untuk bergeser atau labil. Selain itu juga pondasi jenis ini biasa digunakan apabila terdapat sebuah drainase di bawah tanah.

Baca juga : Prinsip Kerja Operasi Rotary drilling

2. Fungsi Pondasi Tiang Pancang

Pondasi struktural tiang pancang menjadi sangat diminati dan banyak dipakai karena mempunyai manfaatnya sendiri bagi bangunan. Sebuah pondasi akan menjadi tempat bertumpu sebuah bangunan dalam jangka waktu yang sangat lama. Pondasi yang baik akan menjadi salah satu alasan mengapa sebuah bangunan bisa menjadi bertahan atau tidak apabila terdapat sebuah gangguan seperti gempa dan bencana alam yang lainnya. Dilansir dari Asia Con, inilah beberapa kegunaan utama dari pondasi tiang pancang:

  • Tiang pancang akan menjadi tumpuan beban utama dari bangunan dan akan disalurkan ke dalam tanah dalam jumlah yang seimbang.
  • Tiang pancang beton bisa dibangun secara vertikal dan horizontal sehingga akan mampu untuk menahan beban konstruksi secara lebih merata.
  • Pondasi ini juga digunakan sebagai penahan gaya desakan ke atas yang disebabkan oleh pergeseran tanah yang tidak stabil.
  • Pondasi tiang pancang memanfaatkan endapan yang tidak berkohesi bebas lepas dan bisa digunakan sebagai alat bantu kontrol penurunan tanah.
  • Selain itu juga pondasi tiang pancang akan berguna dalam memampatkan dan membuat kaku struktur tanah agar getaran yang masuk ke dalam bangunan bisa menjadi berkurang secara drastis dan meningkatkan keamanan secara struktural.
  • Apabila konstruksi bangunan dilakukan pada area lepas pantai maka pondasi tiang pancang akan meneruskan beban bangunan yang berada di atas permukaan air menjadi terbagi secara merata ke dalam tanah dan air. Struktur yang dibangun diatasnya bisa menjadi stabil dan tidak akan banyak terpengaruh oleh air yang berada di dalam tanah.

Apabila Anda ingin membangun atau renovasi rumah idaman Anda agar lebih kuat dan kokoh. Maka tidak ada salahnya agar Anda menggunakan pondasi tiang pancang agar bangunan tersebut bisa menjadi lebih kokoh.

Kami juga menyewakan crane pancang

Comments are disabled.